10 Mitos Tentang Nuklir dan Faktanya


Mendengar kata “Nuklir” saya pikir hampir semua orang langsung mengarahkan pemikirannya tentang bom atom yang menghancurkan Nagasaki dan Hiroshima pada Perang Dunia II, tragedi Chernobyl, Tragedi Fukushima yang terjadi di Jepang. Hal itulah yang membuat sebagian besar manusia takut dengan sesuatu yang dinamakan nuklir, padahal kenyataan yang sebenarnya berbeda dengan mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa mitos-mitos tentang nuklir dan fakta yang sebenarnya:

1. Dunia mendapatkan sebagian besar dosis radiasi tahunan yang berasal dari pembangkit listrik tenaga nuklir.

Faktanya : Kita dikelilingi oleh radiasi yang terjadi secara alami . Hanya rata-rata 0,005 % dari dosis radiasi tahunan dunia yang berasal dari tenaga nuklir, Radiasinya 100 kali lebih kecil daripada yang kita dapatkan dari batubara , 200 kali lebih kecil dari penerbangan lintas negara , dan hampir sama dengan makan 1 buah pisang per tahun.


2. Sebuah reaktor nuklir dapat meledak seperti bom nuklir.

Faktanya: Tidak mungkin bagi reaktor untuk meledak seperti senjata nuklir, senjata nuklir dibuat dengan rancangan dan bahan yang khusus yang tidak ada dalam reaktor nuklir.


3.Energi nuklir buruk bagi lingkungan.

Faktanya : Reaktor nuklir tidak memancarkan gas rumah kaca selama beroperasi . Selama masa beroperasi , reaktor nuklir menghasilkan emisi sebanding dengan pembangkit listrik yang memamfaatkan angin dan matahari.selain itu reaktor nuklir tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya.


4.Energi nuklir itu mahal.

Faktanya: Penelitian UEA telah menunjukkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mengahasilkan satu jam kilo watt listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir kurang dari sepertiga dari biaya yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan minyak untuk menghasilkan jumlah listrik yang sama. Penelitian internasional telah menunjukkan bahwa penggunaan nuklir sekarang adalah cara paling ekonomis untuk menghasilkan listrik dalam jumlah besar.


5.Energi Nuklir tidak aman.

Faktanya: Sekarang ini segala komponen alat yang berhubungan dengan nuklir telah didesain sedemikian baik sehingga aman saat digunakan, jika melihat kepada tragedi Fukushima, bukan berarti nuklir itu tidak aman, Reaktor nuklir di Fukushima telah dirancang sedemikian baik dan aman. Bahkan dalam pembangunan reaktor nuklir, faktor seismik telah menjadi salah satu faktor yang penting dalam perencanaan pembangunan reaktor, sehingga desain reaktor dibuat dengan daya tahan seismik tertinggi yang mungkin terjadi di tempat itu, hanya saja gempa yang melanda Fukushima baru-baru ini tidak diperkirakan besarnya sehingga melebihi daya tahan seismik reaktor nuklir di Fukushima.


6. Tidak ada solusi untuk limbah nuklir yang dihasilkan.

Faktanya : Semua limbah bahan bakar nuklir dihasilkan di setiap pabrik nuklir dalam 50 tahun terakhir akan mengisi lapangan sepak bola dengan kedalaman kurang dari 10 meter dan limbah tersebut di tempatkan di tempat yang aman serta 96 % dari ” sampah ” tersebut dapat didaur ulang.


7.Kebanyakan orang Indonesia tidak mendukung nuklir.

Faktanya: Hasil jajak pendapat yang dilakukan selama 3 tahun di Indonesia menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat mendukung pembangunan PLTN. Jajak pendapat ini dilakukan oleh BATAN, hasilnya tingkat penerimaan masyarakat secara nasional pada tahun 2010 sebesar 59,7% responden menerima pemanfaatan Iptek Nuklir dalam di bidang energi dengan menyetujui pembangunan PLTN di Indonesia; 25,5 % menolak pembangunan PLTN dan 14,8% tidak tahu. Pada tahun 2011 hasil jajak pendapat memperlihatkan sebesar 49,5% responden menerima pembangunan PLTN di Indonesia; 35,5 % menolak pembangunan PLTN dan 15% tidak tahu serta pada tahun 2012 sebanyak 52,93% masyarakat menjawab setuju, sementara yang tidak setuju sebesar 24,23% dan sisanya 22,83% menjawab tidak tahu.


8.Tidak aman bekerja di PLTN.

Faktanya: Reaktor PLTN dibangun dengan rancangan yang dapat menahan radiasi, sehingga sangat aman sebagai tempat bekerja untuk ratusan staf. Jika anda berdiri selama setahun di daerah PLTN, anda sama saja menerima radiasi dari seperempat dari radiasi sinar x-ray saat rontgen atau sepertiga dari perjalanan pesawat dari Indonesia menuju Amerika Serikat.


9. Bahan bakar nuklir yang digunakan adalah bahan yang mematikan selama 10.000 tahun.

Faktanya: Bahan bakar nuklir bekas dapat didaur ulang untuk membuat bahan bakar baru dan produk sampingan . Sebagian besar limbah dari bahan bakar nuklir akan membutuhkan waktu penyimpanan kurang dari 300 tahun . Akhirnya, kurang dari 1 % limbahnya adalah radioaktif untuk waktu 10.000 tahun . Sisa limbah ini tidaklah berbahaya karena jumlahnya sedikit.


10.Bahan bakar nuklir tidak aman diangkut.

Faktanya: Bahan bakar yang digunakan sangat aman dikirim dengan truk , kereta api , maupun kapal kargo. Sampai saat ini, ribuan pengiriman telah diangkut dan tidak ada kebocoran atau retak dari wadah yang dirancang khusus untuk bahan bakar nuklir.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

PERHATIAN

Anda baru saja membaca artikel "10 Mitos Tentang Nuklir dan Faktanya", silahkan tinggalkan komentar atau saran yang baik. "DILARANG COPAS".
Karena artikel ini dilindungi oleh : DMCA Protected.
Terima Kasih Atas Pengertiannya. Sukses Selalu !!
Next
Previous