Apa Sebutan Untuk Angka Yang Lebih Besar Dari Triliun?


Apa sebutan untuk angka yang lebih besar dari triliun? Ternyata masih ada 12 tingkat lagi loh yang ada di atasnya. Inilah penamaan angka yang memiliki nilai super besar.




Apa sebutan untuk bilangan yang memiliki 1 buah angka nol. Oke, semua orang tahu ini (segerombolan kucing yg suka bikin rusuh di teras rumah gw di tiap pagi juga tau ini, red). Bilangan ini disebut sepuluh. Lalu untuk dua buah angka nol? ya, itu seratus. Lalu untuk kelipatan seribu pertama disebut seribu, kelipatan seribu kedua disebut sejuta (1 juta, red lagi), seterusnya ada miliar dan triliun.

Lalu untuk kelipatan seribu kelima apa? Bilangan itu disebut kuadriliun. Kalau keenam? kuintiliun. Ketujuh? Sekstiliun. Nih, lebih lengkapnya ada di bawah ini:


NamaSimbol
Million (Juta)10^6
Billion (Miliar)10^9
Trillion10^12
Quadrillion10^15
Quintillion10^18
Sextillion10^21
Septillion10^24
Octillion10^27
Nonillion10^30
Decillion10^33
Undecillion10^36
Duodecillion10^39
Tredecillion10^42
Quattuordecillion10^45
Quindecillion10^48
Sexdecillion10^51
Septendecillion10^54
Octodecillion10^57
Novemdecillion10^60
Vigintillion10^63
Centillion10^303


Kalau diperhatikan di kolom nama, deret nama tersebut mempunyai pola, bukan? Selain million, nama yang diakhiri -illion pasti memiliki awalan yang diambil dari Bahasa Latin (bi-, tri-, quad-, quin-, dst). Awalan bi- berarti dua, tri- berarti tiga, dst.

Itulah nama yang digunakan dalam Bahasa Inggris (US dan modern British). Lalu mengapa dalam Bahasa Indonesia million itu satu juta dan bukan miliar? Sedangkan trillion itu sama dengan triliun? Itu karena kita mengadopsi sistem Belanda. Di dalam sistem yang digunakan Belanda, Inggris (Older British), dan Jerman itu, dua satuan bilangan besar di atas seribu adalah seribu kali bilangan sebelumnya. Seribu kali seribu sama dengan milion, dan seribu milion sama dengan miliar, yang di dalam sistem Amerika disebut bilion.

Indonesia baru mengadopsi sistem Amerika untuk kelipatan seribu yang keempat, yaitu triliun hingga seterusnya.

Dengan nama sebanyak ini apa iya semuanya akan dipakai? Tentu saja. Dalam kehidupan sehari-hari memang jarang digunakan. Tapi kalau membahas tentang sesuatu yang lebih rinci, pasti ini digunakan. Misalnya jumlah anggaran belanja negara di tahun 2009 mencapai satu kuadriliun, atau menyatakan jumlah atom di alam semesta teramati.

Selanjutnya, bagaiamana cara menyatakan nilai yang satuannya merupakan Satuan Internasional (SI)? Dalam kasus ini gunakanlah awalan metrik (dikenal juga sebagai awalan SI). Misalnya saja meter yang merupakan salah satu dari tujuh besaran pokok SI. Jarak antara bumi dan matahari kira-kira 150.000.000.000 m. Untuk mempersingkatnya gunakan awalan metrik menjadi 150.000.000 km (atau bisa juga ditulis 150 Gm (Giga meter)).

Contoh lainnya adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000 byte, bisa disingkat menjadi 1 YB (Yotta Byte). Eh btw karena dirata-ratakan nilainya jadi nol semua.

P.S. Kalian tahu bilangan apa yang paling besar (lebih kecil dari infinity tentunya)? Googolplex? Bilangan Avogadro? Bukan. Sepertinya bilangan terbesar adalah Bilangan Graham. Bilangan ini memiliki digit yang sangat banyak dan tidak mungkin ditulis disini. Bahkan menggunakan notasi pangkat.
auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

PERHATIAN

Anda baru saja membaca artikel "Apa Sebutan Untuk Angka Yang Lebih Besar Dari Triliun?", silahkan tinggalkan komentar atau saran yang baik. "DILARANG COPAS".
Karena artikel ini dilindungi oleh : DMCA Protected.
Terima Kasih Atas Pengertiannya. Sukses Selalu !!
Next
Previous